Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal SEO Management Secara Menyeluruh

omarsalvosa.com Orang awam pastinya akan bertanya-tanya jika mendengar kata-kata SEO. Namun bagi beberapa orang sudah memiliki pengalaman bidang SEO maka tidak heran lagi dengan manajemen dinamisnya dan biasa disebut dengan seo management.



Bagi para pembuat blog dari awal perlu mengenal optimasi mesin pencari dengan menerapkan langkah-langkah tepat. Hal tersebut digunakan agar mendapatkan hasil diinginkan seperti menjadi penghuni halaman pertama search engine.

Apa Itu SEO?

Sebuah upaya untuk menjadikan juara dalam mesin pencari adalah dengan mengoptimasi website atau blog Anda. Ranking tinggi akan menghasilkan pengunjung banyak secara alami atau disebut sebagai traffic organic. Semakin banyak trafik organic maka semakin banyak pula pendapatan yang akan didapatkan melalui website.

Jika Anda sudah mendapatkan trafik secara natural maka SEO akan menempatkan traffic tersendiri bagi website Anda. Hal tersebut akan menjadikan focus Anda tertanamkan dalam trafik tinggi serta tepat sesuai dengan tujuan Anda.

Search engine memiliki algoritma sendiri untuk menempatkan sebuah trafik yaitu menentukan aturan-aturan sesuai kebutuhan pembaca serta dinamis. Beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu mengenal tata cara kerjanya, algoritma Google, serta indikator utama dalam SEO.

Cara Kerja SEO

Mesin pencari bukanlah terbatas hanya pada Google saja namun seperti Bing, Yahoo!, Duckduckgo, hingga sosial media lainnya. Hanya saja fokus pembahasan saat ini akan tertuju kepada search engine google banyak digunakan oleh orang.

Google telah menguasai 90 persen pangsa pasar mesin pencari pada seluruh dunia biasanya menjadi rujukan kepada mesin pencari lainnya. Sayangnya algoritmanya sering berubah-berubah atau dinamis. Namun tetap memberikan hasil relevan serta solutif untuk setiap permasalahan dari para pembaca atau pengunjung web.

Salah satu algoritma adalah keyword stuffing yaitu praktek memasukkan fokus terhadap keyword sebanyak-banyaknya pada sebuah konten tertulis serta diupload. Jika dahulu itu merupakan cara paling efektif namun saat ini telah tidak diperbolehkan dan akan kena penalti karena dirasa berisikan spam mengulang fokus keyword.

Indikator Utama pada SEO

Beberapa indicator Google sering berubah sesuai dengan algoritmanya. Biasanya untuk perubahannya dilakukan secara berkala. Hal perlu diperhatikan, yaitu.

1. Struktur pada URL Website

Hal pertama memudahkan mesin pencari dalam mengenal website Anda adalah URL. Biasanya dengan menggunakan URL maka orang akan lebih cepat masuk ke web disbanding dengan mengetikkannya. Pastinya selaraskan antara URL dengan topic bahasan utama pada artikel web. Pastikan domain mudah dikenali dan diingat untuk mencari pelanggan setia datang setiap harinya.

2. Menggunakan SSL/TLS

Fungsi dari SSL/TLS ini yaitu mengenkripsi transferan data yang masuk atau terjadi dalam website tertentu. Bahkan sejak tahun 2014 Google selalu mengutamakan website telah menggunakan SSL/TLS karena dirasa gata terjaga keamanannya secara mudah.

Biasanya Google Chrome telah memberikan tanda terhadap website tanpa SSL/TLS sebagai not secure atau tidak ada keamanan sehingga virus mudah masuk ke dalamnya. Aktifkan domain Anda terhadap beberapa aturan di atas.

Untuk mengetahui bahwa website Anda telah memiliki aturan tersebut adalah mengetahui awalannya yaitu HTTP atau HTTPS. Jika masih HTTP maka dapat dipastikan bahwa belum memilikinya sedangkan jika HTTPS berarti sudah memiliki SSL/TLS.

3. Topik Konten

Topik yang terdapat dalam website haruslah berkaitan dengan struktur nama website. Tentukan topiknya terlebih dahulu seperti travelling, edukasi, kuliner, ataupun penginapan, serta lainnya. Semakin banyak yang berhubungan dengan nama website serta memiliki kaitan yang erat maka dapat dipastikan bahwa konten tersebut menarik serta terpercaya keandalan informasinya.

4. Search Intent (Kata Kunci)

Ini bisa diartikan sebagai tujuan dari pengunjung website. Biasanya pengunjung akan menuliskan satu kata maka akan terhubung dengan beberapa topic sehingga akan menampilkan hasil teratas yang berarti sering dibaca oleh pengguna internet. Contohnya saja jika mengetikkan bakwan maka akan muncul beberapa rekomendasi turunannya seperti cara memasak, bahan yang baik, manfaat, dan lainnya.

5. Struktur pada Konten

Konten pada website harus bersifat friendly atau mudah dipahami oleh kebanyakan orang sehingga terstruktur secara jelas serta rapi. Gunakan heading serta subheading untuk poin-poin pentingnya agar mudah dipahami oleh para pembaca. Tambahkan foto, gambar, infografis, serta lainnya agar lebih menarik.

Beberapa hal di atas masih pada dasarnya, ada lainnya seperti meta tags, backlink, kecepatan website, serta lainnya yang harus dipahami. Biasanya Anda akan menghabiskan banyak waktu juga untuk mempelajari semuanya.

Namun Anda tidak perlu khawatir dikarenakan terdapat jasa SEO seperti SEOMEDIA memiliki strategi baik teruji untuk menentukan seo management yang baik, Tunggu apalagi? Kunjungi websitenya di seomedia.co.id saat ini juga.

Posting Komentar untuk " Mengenal SEO Management Secara Menyeluruh"